Monday, 14 October 2013

Selamat hari raya Idul Adha <3

hari ini seluruh umat Muslim merayakannya. Saya sungguh bahagia bisa berjumpa dengan lebaran tahun ini. namun saya sedih karena tidak enak badan sehingga tidak bisa mengikuti sholat Ied. saya hanya berdoa agar tahun ini segala sesuatunya lancar dan sehat . amien

once again . happy ied and have a good day ;-)

Will am I go to Seoul next year?

So many time, since May 2013 until now

I didn't received any message from CEO *eal *in*
yeah.. I don't know what happen with him and his company
It's have been 6 months and I has not made any.
The staff just emailed me and said that I will fly at the end of Desember 'till January next year o-O
But until now on..They're haven't follow up us... as the winner of the contest..

They are LIES. THEY ARE UNRESPONSIBLE.. THEY ARE SCHEMING !!

I Hate that company !!! I hate CEO's of that firm.. I hate all about it...

The ceo was lie to me and my family..

I will  reckoning him ,someday he will feel regret !!

SO sad.............! 

Proses Sosialisasi

Sosialisasi merupakan proses transmisi kebudayaan antargenerasi, karena tanpa sosialisasi masyarakat tidak akan bertahan melebihi satu generasi. Syarat penting terjadinya sosialisasi adalah interaksi social karena tanpa sosialisasi tidak mungkin berlangsung.
Melalui proses sosialisasi individu diharapkan dapat berperan sesuai nilai yang berlaku di masyarakat dimana dia berada.  Sosialisasi dialami individu sebagai makhluk social sepanjang hidupnya. Karena interaksi merupakan kunci berlangsungnya proses sosialisasi , maka diperlukan agen sosialisasi yakni orang-orang disekitar individu tersebut yang mentransmisikan nilai-nilai atau norma-norma tertentu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Agen sosialisasi ini merupakan agen paling dekat dengan individu seperti keluarga,guru,teman sebaya dsb. (significant other)
Menurut tahapannya sosialisasi dibedakan menjadi dua tahap yaitu sosialisasi primer dan sekunder . sosialisasi primer merupakan dasar dari sosialisasi sekunder.
II. Sosialisasi sebagai suatu proses
Charles Horton Cooley memperkenalkan konsep looking glass self dimana senantiasa dalam benak individu terjadi suatu proses yang ditandai oleh 3 tahap terpisah.
1)      Persepsi: membayangkan bagaimana orang melihat kita
2)      Interpetasi:membayangkan bagaimana oranglain menilai kita
3)      Respons : persepsi dan interpretasi individu tersebut menyusun respon.

Berbeda dengan Coolet , Herbet Mead berpendapat bahwa orang yang sudah memiliki “self” dijumpai pada penguasaan bahasanya, yakni pada anak-anak yang berusia 5 tahun. Kemampuan untuk menganggap obyek atau subyek secara sekaligus ini diperoleh dalam tiga tahap yaitu :
1)      Playstage
2)      Gamestage
Jadi proses terbentuknya self pada diri anak diawali dari : orangtua mengekspresikan dirinya kemudian diidentifikasi dan diinternalisasi menjadi peran dan sikap oleh anak,akhirnya terbentuklah self si anak.
III. Sosialisasi pengalaman sepanjang hidup
George Ritzer membagi siklus kehidupan manusia dalam 4 tahap :
1)      Masa kanak-kanak
2)      Masa remaja
3)      Masa dewasa
4)      Masa tua menuju kematian
IV. Sosialisasi peran menurut jenis kelamin
Orangtua dalam membedakan perlakuannya terhadap anak laki-lak dan anak perempuan dapat dijelaskan melalui tiga teori menurut Maccoby dan Jacklin dalam Scanzoni:
1)      Teori imitasi : menirukan tingkah laku orang dewasa. Seorang anak akan mengidentifikasi dirinya dengan orangtua yang berjenis kelamin sama dengan dirinya
2)      Self Socialization : anak akan berusaha mengembangkan konsep tentang dirinya (laki-laki/perempuan­) dan juga mengembangkan suatu pengertian tentang apa yang harus dilakukan bagi jenis kelamin yang bersangkutan.
3)      Teori Reinforcement : menekankan penggunaan sanksi berupa hukuman atau penghargaan.

V. Pengaruh perbedaan kelas social terhadap sosialisasi anak dalam keluarga.
Menurut Melvin Khon bentuk sosialisasi dibedakan menjadi :Represif dan parsitipatory. Menurutnya ,konsep kelas social adalah konsep individu yang menempati posisi yang sama dalam skala prestos yang dibagi menjadi :
1)      Lower class : pekerja manual yang tidak memiliki ketrampilan seperti buruh
2)      Working class :  pekerja manual yang memiliki ketrampilan tertentu seperti supir
3)      Middle class : pegawai kantoran seperti guru dll
4)      Elite class : sama dengan middle class hanya kekayaan dan latar belakangnya lebih tinggi.
Selain pola sosialisasi yang partisipasi dan represif ,terdapat pula pola sosialisasi yang digunakan oleh orangtua dalam menanamkan disiplin pada anaknya yang dikembangkan oleh Elizabeth B. Hurlock yaitu :
1)      Otoriter : menerapkan peraturan kaku tanpa adanya kebebasan dan minim adanya pujian dan sedikit sekali membenarkan tingkah laku anak apabila mereka melaksanakan aturan tersebut.
2)      Demokratis : diskusi dan alas an yang membantu anak agar mengerti mengapa anak diminta untuk mematuhi aturan. Senang member pujian dan memberikan control pada diri anak itu sendiri.
3)      Permisif : orangtua membiarkan setiap tingkah laku anak dan tidak pernah memberikan hukuman kepada anak. Pada saat terjadi hal yang berlebihan barulah orangtua bertindak.
Penting pula diketahui ketika penanaman nilai-nilai dalam proses sosialisasi perlu diperhatikan 4 aspek yang terkait agar tujuan pendidikan dapat tercapai yaitu :
1). Peraturan
2). Hukuman
3). Hadiah
4). Konsistensi
Yang paling dianggap penting adalah konsistensi karena segala sesuatu yang konsisten akan menjadi pedoman atau aturan.

20 Kunci Sukses Dalam Mencari Pekerjaan


  1. Pekerjaan Anda yang akan datang dimulai dari apa yang Anda lakukan hari ini
  2. Mulailah persiapan-persiapan Anda sekarang juga
  3. Kenali diri Anda, dan temukan kompetensi diri kita
  4. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi dan dokumentasi dari pekerjaan dan aktifitas Anda sebelumnya
  5. Bangunlah jaringan atau network yang sangat berguna sebagai pemasok informasi Anda
  6. Ukurlah apa yang sudah Anda lakukan. Buatlah catatan dan ikutilah perubahan
  7. Ada saatnya Anda harus mengikuti intuisi dan perasaan
  8. Miliki keberanian untuk mengubah prinsip atau pendirian, sebelum Anda dipaksa berubah oleh situasi
  9. Jangan pernah percaya 100% pada atasan Anda. Ada banyak yang tidak mereka katakan kepada Anda. Mereka biasanya memiliki agenda tersendiri
  10. Cocokkan ketrampilan Anda ,kualitas dan manfaat yang dapat Anda jual ke pasar kerja
  11. Perbaiki terus CV Anda. Buatlah dengan singkat dan relevan. Pastikan CV Anda memiliki keunikan.
  12. Cantumkan dalam CV Anda target kehidupan yang Anda inginkan dan bagaimana Anda ingin meraihnya
  13. Setiap orang ,termasuk Anda adalah istimewa. Prioritaskan keistimewaan Anda menurut kepentingan dari sudut pandang target atau sasaran Anda
  14. Pokok terbaik Anda bukan pada CV, melainkan pribadi Anda. Itulah yang pada akhirnya dapat menerima atau menggagalkan peluang Anda
  15. Energi dan antusiasme adalah sesuatu hal yang universal yang dicari oleh banyak bos dan perusahaan. Berbagai bisnis bisa berhasil karena energi dan antusiasme SDM-nya
  16. CV Anda seharusnya mengandung sebanyak mungkin kata-kata yang diperlukan untuk menjual diri Anda sendiri
  17. Buatlah perburuan pekerjaan rutin satu mingguan atau bulanan, tentu saja harus Anda anggap sebagai pekerjaan yang menyenangkan
  18. Belajar menjual diri Anda melalui telepon, mempromosikan diri sendiri dan membuka pintu kepercayaan pihak lain
  19. Selalu percaya bahwa Anda dapat melakukan lebih baik
  20. Memiliki kepercayaan diri yang cukup

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan ditambah kemampuan wawasan serta rasa percaya diri yang Anda miliki, yakinlah bahwa pekerjaan yang Anda impi-impikan selama ini dapat diraih. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar keinginan tersebut menjadi kenyataan.

Good luck


The Facts About Job Hunting


Keinginan untuk memperoleh pekerjaan idaman tidak akan terwujud jika tidak diupayakan realisasinya. Niat saja tidak cukup. Anda harus menjadi orang yang tahan banting. Anda harus kebal dengan berbagai macam penolakan, dari yang sifatnya halus sampai yang kasar sekalipun.
Banyak fakta yang tidak disadari oleh pencari kerja, sehingga mereka tidak bisa bersiasat untuk memperlebar peluang mendapatkan pekerjaan idaman.

Berikut ini beberapa fakta yang seringkali dijumpai para pencari kerja.

1. Minat/Bakat, Penghasilan, Suasana Kerja
* Pastikan dulu minat/bakat Anda, lantas sesuaikan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Prinsiapnya bekerja di  bidang yang sesuai dengan minat dan bakat kita tentu akan lebih mudah dan menyenangkan, karena tidak terpaksa melakukannya sehingga enjoy dalam bekerja.
*Gaji, bonus dan segala macam employee benefit memang sangat penting. Tetapi jangan sampai menjadi satu-satunya faktor yang Anda pikirkan. Kita harus selalu mengaitkan antara kinerja dan standar penghasilan. Perusahaan-perusahaan multinasional atau perusahaan nasional yang sudah mapan biasanya memiliki standar kerja yang memadai namun juga memiliki standar dan tuntutan kerja yang tinggi pula.
*Suasana kerja yang kompetitif dan dinamis, namun harmonis (terutama hubungan antar karyawan) merupakan lingkungan paling baik untuk berkarier. Hindari lingkungan kerja yang hiperkompetitif ,yang bisa memunculkan persaingan tidak sehat antarkaryawan.

2. Karakter dan Gaya Bekerja
Karakter personal dan gaya bekerja seseorang dipandang lebih penting daripada kualifikasi dan pengalaman Jika gaya personal Anda tidak cocok dengan lingkungan kerja ,maka Anda bisa dikucilkan dari rekan-rekan, dan mungkin tidak pernah dipromosikan.

3. Perhatikan Bisikan Hati Saat Wawancara
Dalam wawancara kerja, perusahaan akan menilai Anda. Sebaliknya, upayakan agar Anda pun bisa menilai mereka. Cobalah mendengarkan bisikan hati Anda. Rasakan, apakah mereka menyukai gaya Anda atau tidak. Sebab kesukaan atau ketidaksukaan mereka akan membuat perbedaaan yang besar antara sukses dan stagnasi. Bukankah Anda tidak ingin berkerja bertahun-tahun tanpa pengembangan karier?

4. Jangan gampang percaya
Jangan pernah percaya 100% dengan atasan Anda. Mereka belum tentu bicara yang sesungguhnya. Lebih tinggi posisi mereka, lebih politis sifat mereka dan itu berarti adanya motif-motif tersembunyi. Miliki agenda sendiri dan sadarlah akan agenda tersembunyi mereka. Pastikan bahwa kejutan yang Anda peroleh adalah kejutan yang menyenangkan.

5. Sadari Posisi sebagai Karyawan
Bagi sebuah perusahaan, Anda adalah sebuah aset yang dapat dihabiskan, digunakan sampai Anda lenyap. Perusahaan adalah lembaga dagang, bukan lembaga amal. Oleh sebab itu, jangan mengharap sesuatu apapun. Itulah mengapa Anda perlu mengembangkan agenda sendiri dan merencanakan karier Anda. Jangan pernah bergantung pada perusahaan. Mereka hanya menilai apa yang berarti bagi mereka dari pertumbuhan usaha mereka.

6. Menilai Diri Sendiri
Catatlah pekerjaan dan kemajuan Anda serta nilai yang telah Anda tambahkan kepada perusahaan. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi dari setiap pekerjaan. Itu semua adalah bagian dari pengalaman dan nilai profesionalitas Anda. 

7. Relasi, Relasi,Relasi
Buat sebanyak mungkin kontak dengan sebanyak mungkin relasi. Anda tidak harus menjadi karyawan terbaik, tapi Anda perlu sungguh-sungguh bersikap tulus dengan mereka. Jujurlah dan profesional, maka mereka akan mengingat Anda. Mereka akan membukakan pintu begitu suatu saat Anda datang mengunjungi mereka.

8.  Jaga Persepsi Orang terhadap Diri Anda
Persepsi adalah relitas dan sesuatu yang dipikirkan orang lain mengenai Anda. Bangunlah kesan positif mengenai profesionalitas, kedisiplinan, kejujuran dan cara kerja yang efektif. Seimbangkan antara penampilan fisik dan kinerja Anda. Misalnya ,tersenyumlah kepada setiap orang, maka mereka akan menganggap Anda ramah.

9.Perencanaan 
Setiap hari , Anda mempersiapkan peran untuk masa mendatang. Itulah mengapa Anda membutuhkan sebuah rencana yang komprehensif. Kumpulkan setumpuk bukti kapabilitas Anda, bukti kemajuan Anda, bukti kepemimpinan Anda dan bukti kesiapan Anda untuk bertarung. Simpan buku harian, tulis komplimen-komplimen , kumpulkan surat penghargaan dsb. Anda akan menyimpannya untuk suatu waktu nanti.

10. Kemana Anda Akan Menuju?
Kebanyakan kandidat tidak bisa menjawab secara spesifik jika mendapat pertanyaan tentang rencana karir jangka menengah  dan jangka panjang mereka.  Anda bisa berlatih dengan menjawab pertanyaan berikut : kemana Anda ingin berada dalam waktu lima tahun ke depan?
Buat rencana Anda dan beri alasan untuk Anda sendiri dan mendiskusikannya dengan orang lain untuk membuat argumentasi untuk wawacara.
Jika Anda berhadapan dengan pewawancara di suatu perusahaan, cobalah mencari gambaran mengenai tujuan jangka menengah dan panjang perusahaan tersebut.  Sesuaikan tujuan Anda dengan tujuan perusahaan. Buatlah sebuah kompromi atau harmonisasi sehingga tidak ada benturan. Buatlah diri Anda bagian dari rencana perusahaan. Sebaliknya, usahakan untuk membuat perusahaan tersebut sebagai bagian dari rencana personal Anda.

Tuesday, 8 October 2013

Tips Menghadapi Psikotes dan Wawancara Kerja


Selamat pagi.. 

tulisan kali ini melanjutkan postingan saya sebelumnya disini. Kali ini tentang tips menghadapi psikotes dan wawancara kerja. 

Psikotes bertujuan untuk mengetahui ambang batas kemampuan seseorang. Dalam pemeriksaan psikologis secara umum dapat yang ingin diperoleh adalah taraf kecerdasan

Logika yang berlaku adalah, semakin tinggi kecerdasan akan semakin besar peluang diterima kerja.Tapi pada kebutuhan perusahaan sendiri, hal itu tidak menjadi mutlak mengingat kesesuaian dengan kategori pekerjaan dan jabatan yang diterima.

1. Kiat -kiat praktis menghadapi Psikotes

Anda hanya perlu menjaga kesiapan fisik dan mental saja. Diantaranya :

a. Sesaat setelah Anda mengetahui tanggal pelaksanaaan pemeriksaan psikotes,usahakan Anda tahu persis tempatnya, supaya lebih enjoy.

b.Buatlah perkiraan realistis tentang jarak tempuh dan waktu dari rumah menuju lokasi,untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga.

c. Usahakan tidur lebih awal pada malam hari sebelum tes. Biasanya psikotes dilakukan seharian penuh antara pukul 09.00 -16.00 untuk mengukur daya tahan calon karyawan ketika mengerjakan tugas2 nya kelak.

d. Setelah berada didalam ruangan, perhatikan secara seksama setiap petunjuk pelaksanaan pemeriksaan.

e. Dalam mengerjakan soal-soal kerjakan dulu yang mudah baru kemudian mencoba 
memecahkan soal-soal yang sulit. Ingat Anda harus menghemat waktu

Selanjutnya Anda akan memasuki tahap wawancaraTahap wawancaradimaksudkan untuk lebih mengetahui ketrampilan teknis yang dimiliki pelamar, atau sekedar mengetahui kemampuan pelamar dala menangani berbagai situasi yang berbeda.

Dalam tahap wawancara, Anda dituntut untuk benar-benar menguasai bidang pekerjaan yang Anda lamar sehingga pertanyaan yang diajukan dapat dijawab dengan memuaskan. Hal ini lebih sulit karena Anda harus mampu mengungkapkan pengetahuan tersebut secara verbal.

2. Kiat-kiat menghadapi wawancara kerja

a. Membaca apa yang mereka inginkan.  Upaya untuk dapat membaca keinginan pewawancara adalah dengan :

* physical performance :
-Senyum dan bersikap ramah saat berjabat tangan dan jangan menghindari kontak mata. Berusahalah untuk terus menatap mata si pewawancara saat wawancara dilakukan.
-Menunjukan sikap antusias dan penuh perhatian dengan bahasa tubuh. Duduklah dengan tegak,tidak kaku. Perkuat jawaban dengan anggukan, senyuman,
-Jangan bersedekap atau melipat tangan didepan dada.
-Bersikap rileks. Hilangkan kebiasaan saat Anda gugup seperti mengetuk -ngetukkan jari diatas meja,menggoyang-goyangkan kaki, memilin rambut dsb.  Tak ada perusahaan yang menginginkan karyawan yang sering gugup.

*Informasi tentang keahlian yang dimiliki

Dengan meyakinkan pewawancara bahwa Anda akan membantu tujuan yang akan dicapai perusahaan. Tunjukkan bahwa Anda memiliki keahlian guna pencapaian tujuan perusahaan. Jika perlu, teleponlah orang yang akan mewawancarai Anda dan mintalah job description untuk posisi yang Anda lamar.

*Kemampuan Adaptasi

Tujuannya untuk mengetahui apakah kandidat bisa beradaptasi dengan budaya organisasi. Bahasa tubuh yang benar, senyum yang menyenangkan dan jawaban yang cerdas tidak cukup. Hal ini terkait dengan feeling. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai kebiasaan perusahaan tersebut. Tidak ada salahnya bertanya pada satpam atau receptionist untuk menggali informasi.
Prinsip yang harus dipegang adalah “pewawancara manapun kurang menyukai orang yang terlalu tertutup”. Jangan pasif, usahakan aktif dalam memberi informasi. Tetaplah bersikap sopan menghadapi setiap sikap pewawancara karena hal ini hanyalah bagian dari proses yang wajar. Jadi ketika Anda merasa ada sesuatu yang tidak berkenan,Anda tidak perlu sakit hati atau kecewa. Buatlah mental Anda menjadi lebih kuat.

*Busana saat wawancara kerja

Busana tidak bisa dianggap sepele,karena busana dapat mencerminkan kepribadian seseorang yang mengenakannya. Dalam dunia kerja, Anda perlu tampil profesional untuk menunjang kemampuan yang dimiliki sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar.
- Busana bagi wanita : Kenakan busana polos berwana netral(hitam/abu2/coklat), rok dipadukan dengan blazer, stoking dan high heels adalah pilihan tepat.
-Busana bagi pria :kemeja lengan panjang polos dengan warna soft, dan celana panjang kain.
Kenakan sepatu yang telah disemir sebelumnya.

Terakhir, kunci sukses wawancara kerja adalah berfikir positif dan terbuka.

Mungkin kali ini saya cukupkan sekian, untuk fakta tentang para pencari kerja akan saya posting selanjutnya.

Semoga bermanfaat

Salam sukses

Mau Cari Kerja? Baca Ini dulu!

13812006621567344608
sumber : antaranews.com


Saya belum lulus kuliah, saat ini masih semester V dan dalam benak saya selalu be
rangan-angan untuk sesegera mungkin lulus kuliah dan bekerja.
Sudah terlalu banyak gelar sarjana dan gelar akademik lainnya tapi kesempatan kerja kadang tidak sesuai dengan bidang ilmu yang kita dapatkan saat kuliah.

Untuk mengantisipasi hal itu, mulai saat ini saya selalu mencoba berbagai hal yang sekiranya akan berguna untuk menunjang kompetensi saya dalam dunia kerja nanti.
Oleh karena itu, hari ini (8/10/2013) saya membeli buku pada Pesta Buku Gramedia Yogyakarta. Buku tersebut judulnya “Rahasia Mencari Kerja” dalam waktu cepat dan tempat yang tepat.

Saya akan sedikit berbagi cerita tentang garis besar isi buku ini. Beberapa poin penting nya antara lain :
1. Kenali dulu kompetensi diri.

Yaitu hal unik dan spesifik yang ada dalam diri Anda dan tidak terdapat dalam diri orang lain. Faktor tersebut (dalam hal ini keahlian tertentu) akan memberikan kontibusi maksimal  bagi perusahaan yang produktif dan positif bagi organisasi.
Untuk mengenali kompetensi diri , dapat diketahui melalui proses belajar dan memahami keinginan Anda.
Dengan mengetahui kompetensi diri ,Anda dapat dengan mudah menentukan pilihan karir di masa depan.

2. Menentukan target
Jangan terlena dengan zona nyaman, keluar dan carilah informasi perusahaan dan perencanaan personal.
Saat ini banyak situs lowongan kerja yang selalu update antara lain jobstreet.com @infolowker dsb

3. Menyiapkan surat lamaran
- menyiapkan kertas surat : gunakan jenis kertas standar (kuarto/folio) dengan ketebalan standar (maksimal 80gram) HVS putih
- menyiapkan amplop
-alamat tujuan
-siapkan persyaratan : Ijazah,ktp,sim,paspor,surat ket berpengalaman kerja,surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan berbadan sehat dsb
-dokumen pendukung : sertifikat, penghargaan dsb
-alamat kontak yang bisa dihubungi
Selanjutnya, tentang tips agar surat lamaran dapat langsung menarik perhatian petugas HRD , yaitu dengan :
a. Diketik/ditulis tangan? Tergantung keinginan perusahaan, cari tahu dulu kebiasaan dalam perusahaan tsb sebelum mengirim lamaran.
b. Pilih font yang memberi kesan formal dan tegas. Perhatikan spasi dan ukurannya.
c. Isi surat lamaran sebaiknya singkat, jelas dan langsung ke tujuan. Hindarilah kata-kata yang terlalu merendahkan atau meninggikan diri. Jika mempunyai prestasi yang dapat menjadi bahan pertimbangan, dapat dikemukakan tapi jangan berlebihan karena akan menimbulkan kesan bahwa Anda tidak kredibel.
d. Tanda tangan
Pada surat lamaran kerja, CV adalah hal yang sangat penting sehingga harus berhati-hati dalam penulisannya. Melalui CV, seorang job seeker bak salesperson yang “menjual” dirinya pada perusahaan.
Oleh karena itu, CV harus ditulis sungguh-sungguh, mencerminkan data personal, potensi dan kemampuan secara maksimal. Sehingga, penyeleksi lamaran bisa mendapat gambaran tentang kualifikasi pelamar serta kesesuaian antara kompetensi si pelamar dengan lowongan yang ada.

a. Kirim CV melalui email
b. Mempunyai akun di LinkedIn yang memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan karena LinkedIn adalah situs bagi para profesional yang menawarkaan keahliannya untuk mencari kerja dan para CEO dan bos-bos sering merekrut karyawan melalui situs LinkedIn.com
Setelah Anda mengirimkan CV melalui email dan LinkedIn, maka akan ada pemberitahuan yang masuk ke email Anda. Maka rajin-rajinlah mengecek email.
Mungkin ini dulu yang dapat saya share, untuk tips lolos psikotes , tips wawancara kerja dan fakta tentang dunia kerja , akan saya tulis dikesempatan selanjutnya.
Semoga bermanfaat.

Salam sukses

Monday, 7 October 2013

Manfaatkan twitter jangan kita yang dimanfaatkan oleh twitter


sumber 

Seperti dua mata pisau yang bisa melukai dan memberi manfaat, twitter juga demikian. Jejaring sosial yang satu ini sangat disukai karena fleksibel ,dinamis dan update!! Jika kita lebih peka lagi ternyata manfaat twitter juga banyak lhoo , selain info juga banyak kuis disana :))  Memang kebanyakan kuis diadakan di twitter karena mekanismenya saling menguntungkan antara kuis hunter dan yang mengadakan kuis tsb, tinggal mention jawabannya dan dikasih (#) hastag aja ,simple bukan =D

Akhir-akhir ini aku jadi giveaway hunter alias pemburu kuis di dunia maya karena jauh bermanfaat daripada seharian liat beranda fb atau mntengin TL twitter karena bisa dapet hadiah gratis ,yeeee suka banget sama diskonan dan gratisan :p
Nah ,jika Raja Kuis di Indonesia yang paling terkenal adalah Helmy Yahya, maka Ratu Kuis adalah ......
 Prima Ratih =D
Aku sangat suka ikutan kuis apapun itu mulai dari yang hadiahnya cuma pulsa 10rb sampai yang jutaan rupiah ,menurutku cara itu bisa melatih kita untuk menjadi seseorang yang BERMENTAL JUARA dan berkompetisi secara sehat.
Dalam kuis pasti ada pemenang dan yang kalah, itulah saat dimana kita bisa mengelola dan mengendalikan emosi supaya tidak berlebihan. Kuis memang untung-untungan karena itu selalu berjuang selagi kita masih mampu mengikutinya supaya kesempatan dan peluang untuk menang semakin banyak :) jangan lupa ikuti petunjuknya supaya jawaban kamu benar dan jangan lupa berdoa ya HAHAHA =D Disini aku akan share tentang cara menjadi penjilat buat menangin kuis online (orientasiya postif ya) dikutip dari tweet @kuisgratis, semoga bermanfaat ,ambil aja manfaatnya buang kekurangannya OK 
CARA MENJADI PENJILAT YANG BERETIKA UNTUK MENANG KUIS 
 1.Menjilat itu kadang perlu loh buat menang kuis (pake aja kalo lagi kepepet & bener2 membutuhkan ya) 
 2. Teknik2 menjilat itu penting buat kamu tahu,biar nggak kalah ama jilaters yang lain.
 3.Sebelum menjilat, kamu diwajibkan berdoa dulu, biar jilatanmu manjur. 
 4.Jawab pertanyaan kuis yg diberikan dgn bener,biar ntar ga salah & jilatanmu nanti ngga sia2. 
5.Setelah kuis selesai,biasanya ada jeda waktu buat nentuin pemenang. nah,disinilah keahlian menjilat itu dibutuhin. 
6.usahain bwt balesin smua tweet yg dikeluarin ma admin yg ngadain kuis,yahh walopun geje,ttp bales! :D 
7.setiap 5-10 menit sekali,sapalah admin. tanya apakah dia dah makan ato blm,ato lg ngapain,dll. 
8. Jangan lupa utk "mengemis" ke admin biar dimenangin (INI PENTING BANGET) 
9.pd detik2 pengumuman pemenang,lebih seringlah bwt nyapa admin ato ngajak becanda. 
10.Stlh smua cara km lakuin,BERDOALAH.Moga2 admin termasuk orang yg suka DIJILAT :)) 
Nah itulah caranya jadi penjilat yang beretika buat menang kuis online, untuk info kuis online bisa kamu cek di @kuisgratis dan banyak akun yang ngadain kuis setiap harinya :)

Tips Melamar Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris


sumber : antaranews.com

Surat lamaran yang disusun dengan baik dan cerdas merupakan salah satu entry point bagi Anda untuk bisa lolos seleksi awal. Surat lamaran akan memperoleh respon positif karena mampu menjelaskan dengan baik antara kemampuan yang Anda miliki dan posisi yang tersedia.

Menurut Dr. Kunjana Rahardi,M.Hum dalam bukunya “Santun Melamar Pekerjaan dalam Bahasa Inggris” , hambatan yang dialami oleh sebagian besar pelamar yang gagal terletak pada ketidakmampuan orang bersangkutan dalam menyiasati pelamaran pekerjaan. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk dapat menuliskan lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris adalah :
  1. Always use good leaves of papper for writting an application letter

  2. Create the application letter by youself

  3. Use only one side of paper for writing an application letter

  4. Address your application letter correctly and accurately

  5. Type your application letter neatly

  6. Arrange sentences and paragraphs of your application letter systematically and consecutively

  7. If you are already in a certain firm, never use the letter head of that company

  8. Make the letter create a desire in the mind of the employers to see you personality

  9. Indicate a feeling of good will and friendliness

  10. Write respectfully and modestly but frankly

  11. Make your application letter tidily and correctly

  12. Do not include such item that may create unfavourable reaction

  13. Describe your personality cleary and please be spesific

  14. Be brief but do not lost facts at the cost of briefness

  15. Use headings , capital words , and underline important words and phrases to highlight your application letter.

  16. Show your confidence in being able to handle the job effectively

  17. State your definite reason for wanting to leave your present position

  18. Send the application according to the requirement of the employer

  19. Submit application immediately on publication of the advertisement

  20. State when and where the advertisement apperead.
Selain poin-poin diatas, untuk menulis surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup, ada beberapa bagian penting dalam surat lamaran pekerjaan ,antara lain
  1. The address of the applicant = Alamat si pelamar pekerjaan

  2. The date of writing the application letter = Tanggal penulisan surat lamaran pekerjaan

  3. The name and address of the employer = Nama dan alamat pengusaha/pemegawai

  4. The salutation of the application letter = Salam pembuka surat lamaran pekerjaan

  5. The introductory paragraph of the application letter = Paragraf pembuka surat lamaran

  6. The body of the application letter = Isi surat lamaran pekerjaan

  7. The closing of the application letter = Penutup surat lamaran pekerjaan

  8. The subscription of the application letter = Salam penutup surat lamaran pekerjaan

  9. The signature of the applicant = Tanda tangan pelamar pekerjaan
Sertakan daftar riwayat hidup/ CV (Curriculum Vitae) yang dianggap sebagai bagian penting dalam melamar pekerjaan. Isinya yaitu tentang resume data pribadi. CV biasanya mencakup tentang
  1. Judul

  2. Pengalaman Kerja

  3. Latar belakang pendidikan

  4. Referensi
Semoga dengan mengikuti tips-tips diatas , bisa mempermudah untuk dapat diterima di pekerjaan yang diinginkan. Terima kasih untuk Dr. Kunjana Rahardi, M.Hum sebagai penulis dari buku “Santun Melamar Pekerjaan dalam Bahasa Inggris”. Semoga informasi ini dapat berguna bagi para pencari kerja.

Salam Sukses

Yogyakarta,8  Oktober 2013

Sunday, 6 October 2013

FJB/Barter Woman Stuff Jogjakarta

FJB/Barter Woman Stuff Jogjakarta
FJB/Barter Woman Stuff Jogjakarta

Selama setahun berkecimpungan didunia blogwalking (?) Saya punya ide untuk mempermudah wanita Jogja dalam jual beli dan barter peralatan wanitanya. Di Jogja masih belum ada forum jual beli untuk wanita dan selama ini harus pakai ongkos kirim ke daerah lain. Terlebih  biasanya malah lebih mahal ongkos kirim daripada barangnya sendiri.
Dalam forum ini para wanita Jogja bebas menawarkan make up, fashion dan aksesorisnya baik yang masih baru atau second (preloved).
Tujuan saya membuat forum ini agar meminimalisir tindakan penipuan yang biasanya ada dalam transaksi yang dilakukan dengan transfer-pengiriman barang-tracking JNE dll yang merupakan suatu hal yang lumrah dalam jual beli online.
Langkah awal dari sebuah ide bisnis yang menyasar pada wanita Jogja sebagai target market dari bisnis e-commerce saya selanjutnya.
Saya memahami untuk membangun sebuah bisnis online diperlukan kepercayaan dari konsumen dan melalui efek word of mouth maka rekomendasi dan testimoni baik akan menjadi fondasi yang baik bagi perkembangan e-commerce nantinya. Oleh sebab itu diperlukan pula digital engagement dimana sebagai seller saya juga harus memiliki manner dan personal branding yang baik dimata para customer saya.

Ide bisnis yang akan saya bangun memang e-commerce dan saya optimis bisnis ini akan memiliki masa depan yang baik jika dikaitkan dengan kondisi target market di Jogjakarta yang dihuni banyak mahasiswa asing khususnya wanita. Wanita yang saya bidik disini adalah mahasiswa berusia 19 hingga 24 tahun dimana untuk membeli perlengkapan wanita dan kebutuhannya pasti akan menginginkan product quality yang bagus. Produk tersebut saya datangkan dari Korea,Jepang dan Filipina dan belum dijual secara offline di Jogjakarta sendiri.

Mindset mahasiswa Jogja yang selalu open minded dan menyukai kecantikan 'premium' yang dideskripsikan sebagai kulit putih, halus dan tanpa cela akan 'melancarkan; bisnis ini dalam segi promosi.

Banyak hal yang harus saya pelajari dari model bisnis online yang saat ini sedang booming. Mulai dari membuat website yang membutuhkan domain dan sewa hosting, proses transaksi dan promosi dan lain lain. Saya masih sangat awam dalam hal ini dan tidak punya pengalaman sama sekali. Saya bukan seorang mantan pegawai microsoft, saya bukan mahasiswa jurusan TI dan saya bukan seorang entrepeneur. Tapi semua itu adalah tantangan bagi saya agar bisa menjadi wirausaha dan startup yang punya prospek bagus di masa depan.
Jadi...
Buat kalian, wanita yang berdomisili di Jogja, yuk gabung kedalam komunitas kami dalam forum facebook disini https://www.facebook.com/groups/fjbwomenstuffjogja/ . FYI, forum ini saya setting rahasia supaya privasi barang jualan kalian tetap aman dan tidak diintip orang lain. Barang wanita kan macam-macam ya hehe....

So, let me think about this idea... I will create a creative bussiness idea and make a good website ....

Let me learn again......

See ya on the top of the world!

XoXo
Prima