Wednesday 15 January 2014

Tips Membangun Merk

Salah satu hal yang penting untuk mengembangkan bisnis agar lebih dikenal masyarakat adalah dengan memperkenalkan merk kepada publik. Baik secara offline maupun online, hal ini dimaksudkan agar promosi akan lebih mudah dilakukan dan publik dapat mengenali bidang bisnis yang kita geluti.

Beberapa tips berikut mungkin dapat menjadi pedoman dalam membangun merk sebuah start-up .

1. Bangun konsep,jiwa, fisik dan citra yang konsisten sehingga karakter merk akan terbentuk kuat.
Pertama tentukan filosofi bisnis kamu, selanjutnya buatlah konsep bisnis yang menggambarkan keunikan bisnis kamu dibandingkan bisnis yang lain.Hal apa yang menjadi kekuatan dalam usaha kamu yang sekiranya bisa diandalkan dalam persaingan pasar. 
Secara fisik kamu bisa membuat semacam marchandising yang menjadi ikon produk kamu. Bisa mulai dengan membuat kartu nama, banner, logo, tagline dan ha-hal lain untuk mem-branding bisnis kamu.

2. Jadilah yang pertama, yang terunik sehingga mudah di ingat orang.
Buatlah merk yang gampang diingat oranglain, dalam kata-kata maupun ikon merk kamu. Buatlah tagline yang simple namun dapat bermakna bagi orang lain. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keunikan, karena orisinalitas ini dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis kamu sendiri. Banyak yang menggunakan prinsip keizen (amati,tiru,modifikasi) namun jangan lupa pada filosofi awal merk kamu ya.. Intinya jadilah yang beda dan unik ^^

3. Tawarkan advantage/diferensiasi yang khas dan valuable.
Setelah kamu tentukan keunikan dari merk bisnis kamu, berikan sentuhan khusus berupa nilai tambah yang khas untuk dapat membuat merk kamu berbeda dari yang lain. Bisa dari sistem pembayaran, service dan layanan pelanggan atau dari kualitas produk dan benefit lainnya yang khas sesuai filosofi awal ^^

4. Berikan layanan dan apresiasi kepada konsumen.
Setelah merk kamu dikenal masyarakat, berikanlah apresiasi kepada pelanggan setia dengan digital engagement atau offline engagement. Buatlah event-event melibatkan partisipasi para konsumen seperti kontes/kuis dan acara yang akhirnya akan meningkatkan selling point produk kamu. Selain mendekatkan brand dengan konsumen, benefit lain yaitu para konsumen akan menjadi loyal kepada merk kita dan meningkatkan market share.

5. Lakukan komunikasi yang fokus dan berkelanjutan. 
Banyak admin di media sosial yang kampanye produknya hanya mengutamakan selling point nya saja. Para admin tsb hanya "jualan" produk tanpa mengetahui consumer insight nya apa? Padahal untuk membangun sebuah merk diperlukan pendekatan dan negotiation skill secara penuh. Bangunlah ikatan komunikasi yang baik dengan konsumen. Misalnya jika kamu menjadi admin di sosial media, maka jangan sombong jika ada saran/kritik dari konsumen.Sebisa mungkin jawablah keluhan mereka dengan baik dan utamakan kepuasan konsumen agar mereka tidak kapok belanja produk kita. Jika satu konsumen puas, maka akan menimbulkan efek word of mouth sehingga merk kita banyak menjadi perbincangan dan banyak yang merekomendasikan^

6. Teruslah inovasi dan kreasi
Inilah tugas dari strategic planner, strategic thinker dan para pengusaha sukses pasti selalu melakukan inovasi agar merk nya tetap eksis ditengah-tengah iklan merk lain. Berfikir inovatif dan kreatif serta out of the box adalah hal yang wajib dimiliki jika ingin merknya tetap mendominasi dunia marketing dan sukses di masa depan

No comments:

Post a Comment

Feel Free to comment... Sertakan Identitas kamu yah ^.^