Saturday 11 January 2014

Yuk Intip Cara Jadi Social Media Marketer

Menjadi admin adalah mengelola social media & juga bertindak sebagai  digital marketing yang bertugas mempromosikan UKM/ start-up (produk/jasa) agar dapat populer di dunia maya dan otomatis meningkatkan selling & market share.

Konten yang bagus menentukan keberhasilan kampanye UKM/start-up  di social media. Seperti kita ketahui, social media adalah tempat dimana penggunannya berbagi dan merekomendasikan berbagai konten dan informasi. Oleh karena itu, penting bagi UKM merekomendasikan konten berharga. Make a good content!

Jadi apa yang seharusnya di posting admin UKM di social media ?

1. Konten Visual. Berupa foto,video,gambar dan grafis serta infografis bisa membuat penampilan mencolok diantara ribuan posting. Posting-lah konten yang sesuai dengan bisnis yang digeluti.

2. Informasi yang relevan & informatif.  Konsumen masa kini tidak tertarik dengan "jualan" tapi haus informasi. Lihat saja iklan di sidebar facebook. Yang ditampilkan disana adalah informasi unik dan fenomenal sehingga menggelitik pembaca untuk segera meng-klik dan masuk kedalam iklan itu. Sebuah "jebakan" yang kreatif dan strategi digital marketing yang baru ditengah persaingan dunia online hehe ~~ ada ada saja
Jadi melakukan hard selling sudah bukan jamannya lagi ,posting-lah konten yang mengandung informasi yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen ^^
Terlalu sering memberikan promosi di social media membuat audiens jengah dan mungkin bisa meng-unfollow akun kita loh. Didalam konten tersebut kita bisa menyisipkan link ke website ^^


3. Kontes dan promosi. Untuk menigkatkan keterlibatan dengan audiens sesekali lakukanlah promosi dan kontes! Hal ini dinamakan digital engagement^^ Saya pernah "terjebak" dengan strategi marketing ini. Sedikit info, dulu saya pernah memenangkan kontes yang diselenggarakan salah satu UKM. setelah satu tahun hadiahnya tidak saya terima. Alias hanya tipu-tipu aja untuk mendongkrak likes di Fanpage akun UKM tersebut :( So bukannya menakut-nakuti tapi alangkah baiknya kita selektif memilih kontes. Jangan sampai hanya jadi korban "digital marketing" dalam strategi promosi UKM jahara !!

4. Gambar lucu dan lelucon. Momen tertawa menular dan mudah diingat. Suntikkan sedikit humor ke jejaring sosial bisa menjadi cara untuk memamerkan kepribadian perusahaan dan membuat followers lebih mudah terlibat dan menikmatinya.

5.Interaksi Personal. Penting membangun merek di social media dengan cara terhubung dengan para penggemarnya. Ucapkanlah terima kasih kepada audiens yang telah memberikan komentar. Berikan pertanyaan yang relevan atau balas setiap mentionnya ~~

Beberapa tips dan strategi diatas bisa diterapkan untuk melakukan kampanye UKM di social media khusunya bagi para internet marketer seperti saya

3 comments:

  1. ane ga pernah puas klo cuma ngunjungin blog ini sekali... #smile
    slalu ada yang baru..

    nice content sis.. keep on posting..

    blogwalking lagi ahhh
    blogger_jogja
    @KataAwank

    Passion Dalam Blogging

    ReplyDelete
  2. ane ga pernah puas klo cuma ngunjungin blog ini sekali... #smile
    slalu ada yang baru..

    nice content sis.. keep on posting..

    blogwalking lagi ahhh
    blogger_jogja
    @KataAwank

    Passion Dalam Blogging

    ReplyDelete
  3. Thanks ya... tapi ini kenapa saya gabisa liat komentarnya yaaa TT sprtinya ada yg salah

    ReplyDelete

Feel Free to comment... Sertakan Identitas kamu yah ^.^