Monday 30 September 2013

Konflik Sosial di Indonesia

1. Mengapa Indonesia identik dengan konflik?
Karena masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang berada dalam taraf negara berkembang, dimana setiap anggota masyarakatnya mengalami perbedaan dalam taraf perkembangan peradabannya. Perbedaan itu menjadikan ketimpangan sosial dalam struktur masyarakat Indonesia dan membuat perbedaan dalam pola pikir daripada segmentasi kelas masyarakat.
Pada satu kelompok masyarakat ada yang sudah maju dalam iptek dan pendidikannya, namun pada satu kelompok masyarakat lain hal itu belum didapatkan secara optimal.

2.Apa penyebab konflik yang sering muncul di Indonesia?

Pada umumnya karena kelompok masyarakat satu 'memaksakan' kepentingannya kepada kelompok masyarakat lain dan menyebabkan disintegrasi yang ditengarai karena banyak faktor. Biasanya karena perbedaan ideologi, kelompok organisasi radikal yang berbasis 'agama' dan konflik antar suku di pedalaman. Konflik yang hingga kini mengancam intregitas masyarakat Indonesia adalah FPI yang menjadikan 'agama' sebagai landasan radikalnya sehingga konflik agama tak terhindarkan.

3.Benarkah kemajemukan dan multikultur menjadi penyebab munculnya konflik?


Ya karena kemajemukan tersebut menjadikan kelompok masyarakat terfragmentasi menjadi komunitas-komunitas kecil yang mempunyai sudut pandang dan ideologi masing-masing.Ketika mereka mempunyai pendapat tersendiri dan mengarah pada disintregasi, maka hal tersebut akan memicu adanya konflik multicultur

No comments:

Post a Comment

Feel Free to comment... Sertakan Identitas kamu yah ^.^