Sunday 6 October 2013

FJB/Barter Woman Stuff Jogjakarta

FJB/Barter Woman Stuff Jogjakarta
FJB/Barter Woman Stuff Jogjakarta

Selama setahun berkecimpungan didunia blogwalking (?) Saya punya ide untuk mempermudah wanita Jogja dalam jual beli dan barter peralatan wanitanya. Di Jogja masih belum ada forum jual beli untuk wanita dan selama ini harus pakai ongkos kirim ke daerah lain. Terlebih  biasanya malah lebih mahal ongkos kirim daripada barangnya sendiri.
Dalam forum ini para wanita Jogja bebas menawarkan make up, fashion dan aksesorisnya baik yang masih baru atau second (preloved).
Tujuan saya membuat forum ini agar meminimalisir tindakan penipuan yang biasanya ada dalam transaksi yang dilakukan dengan transfer-pengiriman barang-tracking JNE dll yang merupakan suatu hal yang lumrah dalam jual beli online.
Langkah awal dari sebuah ide bisnis yang menyasar pada wanita Jogja sebagai target market dari bisnis e-commerce saya selanjutnya.
Saya memahami untuk membangun sebuah bisnis online diperlukan kepercayaan dari konsumen dan melalui efek word of mouth maka rekomendasi dan testimoni baik akan menjadi fondasi yang baik bagi perkembangan e-commerce nantinya. Oleh sebab itu diperlukan pula digital engagement dimana sebagai seller saya juga harus memiliki manner dan personal branding yang baik dimata para customer saya.

Ide bisnis yang akan saya bangun memang e-commerce dan saya optimis bisnis ini akan memiliki masa depan yang baik jika dikaitkan dengan kondisi target market di Jogjakarta yang dihuni banyak mahasiswa asing khususnya wanita. Wanita yang saya bidik disini adalah mahasiswa berusia 19 hingga 24 tahun dimana untuk membeli perlengkapan wanita dan kebutuhannya pasti akan menginginkan product quality yang bagus. Produk tersebut saya datangkan dari Korea,Jepang dan Filipina dan belum dijual secara offline di Jogjakarta sendiri.

Mindset mahasiswa Jogja yang selalu open minded dan menyukai kecantikan 'premium' yang dideskripsikan sebagai kulit putih, halus dan tanpa cela akan 'melancarkan; bisnis ini dalam segi promosi.

Banyak hal yang harus saya pelajari dari model bisnis online yang saat ini sedang booming. Mulai dari membuat website yang membutuhkan domain dan sewa hosting, proses transaksi dan promosi dan lain lain. Saya masih sangat awam dalam hal ini dan tidak punya pengalaman sama sekali. Saya bukan seorang mantan pegawai microsoft, saya bukan mahasiswa jurusan TI dan saya bukan seorang entrepeneur. Tapi semua itu adalah tantangan bagi saya agar bisa menjadi wirausaha dan startup yang punya prospek bagus di masa depan.
Jadi...
Buat kalian, wanita yang berdomisili di Jogja, yuk gabung kedalam komunitas kami dalam forum facebook disini https://www.facebook.com/groups/fjbwomenstuffjogja/ . FYI, forum ini saya setting rahasia supaya privasi barang jualan kalian tetap aman dan tidak diintip orang lain. Barang wanita kan macam-macam ya hehe....

So, let me think about this idea... I will create a creative bussiness idea and make a good website ....

Let me learn again......

See ya on the top of the world!

XoXo
Prima

No comments:

Post a Comment

Feel Free to comment... Sertakan Identitas kamu yah ^.^