Tuesday 8 October 2013

Mau Cari Kerja? Baca Ini dulu!

13812006621567344608
sumber : antaranews.com


Saya belum lulus kuliah, saat ini masih semester V dan dalam benak saya selalu be
rangan-angan untuk sesegera mungkin lulus kuliah dan bekerja.
Sudah terlalu banyak gelar sarjana dan gelar akademik lainnya tapi kesempatan kerja kadang tidak sesuai dengan bidang ilmu yang kita dapatkan saat kuliah.

Untuk mengantisipasi hal itu, mulai saat ini saya selalu mencoba berbagai hal yang sekiranya akan berguna untuk menunjang kompetensi saya dalam dunia kerja nanti.
Oleh karena itu, hari ini (8/10/2013) saya membeli buku pada Pesta Buku Gramedia Yogyakarta. Buku tersebut judulnya “Rahasia Mencari Kerja” dalam waktu cepat dan tempat yang tepat.

Saya akan sedikit berbagi cerita tentang garis besar isi buku ini. Beberapa poin penting nya antara lain :
1. Kenali dulu kompetensi diri.

Yaitu hal unik dan spesifik yang ada dalam diri Anda dan tidak terdapat dalam diri orang lain. Faktor tersebut (dalam hal ini keahlian tertentu) akan memberikan kontibusi maksimal  bagi perusahaan yang produktif dan positif bagi organisasi.
Untuk mengenali kompetensi diri , dapat diketahui melalui proses belajar dan memahami keinginan Anda.
Dengan mengetahui kompetensi diri ,Anda dapat dengan mudah menentukan pilihan karir di masa depan.

2. Menentukan target
Jangan terlena dengan zona nyaman, keluar dan carilah informasi perusahaan dan perencanaan personal.
Saat ini banyak situs lowongan kerja yang selalu update antara lain jobstreet.com @infolowker dsb

3. Menyiapkan surat lamaran
- menyiapkan kertas surat : gunakan jenis kertas standar (kuarto/folio) dengan ketebalan standar (maksimal 80gram) HVS putih
- menyiapkan amplop
-alamat tujuan
-siapkan persyaratan : Ijazah,ktp,sim,paspor,surat ket berpengalaman kerja,surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan berbadan sehat dsb
-dokumen pendukung : sertifikat, penghargaan dsb
-alamat kontak yang bisa dihubungi
Selanjutnya, tentang tips agar surat lamaran dapat langsung menarik perhatian petugas HRD , yaitu dengan :
a. Diketik/ditulis tangan? Tergantung keinginan perusahaan, cari tahu dulu kebiasaan dalam perusahaan tsb sebelum mengirim lamaran.
b. Pilih font yang memberi kesan formal dan tegas. Perhatikan spasi dan ukurannya.
c. Isi surat lamaran sebaiknya singkat, jelas dan langsung ke tujuan. Hindarilah kata-kata yang terlalu merendahkan atau meninggikan diri. Jika mempunyai prestasi yang dapat menjadi bahan pertimbangan, dapat dikemukakan tapi jangan berlebihan karena akan menimbulkan kesan bahwa Anda tidak kredibel.
d. Tanda tangan
Pada surat lamaran kerja, CV adalah hal yang sangat penting sehingga harus berhati-hati dalam penulisannya. Melalui CV, seorang job seeker bak salesperson yang “menjual” dirinya pada perusahaan.
Oleh karena itu, CV harus ditulis sungguh-sungguh, mencerminkan data personal, potensi dan kemampuan secara maksimal. Sehingga, penyeleksi lamaran bisa mendapat gambaran tentang kualifikasi pelamar serta kesesuaian antara kompetensi si pelamar dengan lowongan yang ada.

a. Kirim CV melalui email
b. Mempunyai akun di LinkedIn yang memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan karena LinkedIn adalah situs bagi para profesional yang menawarkaan keahliannya untuk mencari kerja dan para CEO dan bos-bos sering merekrut karyawan melalui situs LinkedIn.com
Setelah Anda mengirimkan CV melalui email dan LinkedIn, maka akan ada pemberitahuan yang masuk ke email Anda. Maka rajin-rajinlah mengecek email.
Mungkin ini dulu yang dapat saya share, untuk tips lolos psikotes , tips wawancara kerja dan fakta tentang dunia kerja , akan saya tulis dikesempatan selanjutnya.
Semoga bermanfaat.

Salam sukses

No comments:

Post a Comment

Feel Free to comment... Sertakan Identitas kamu yah ^.^