Tuesday 2 July 2013

Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta

Hari Jumat tanggal 27 Juli 2013 , aku menyerahkan berkas persayaratan pembuatan paspor kepada tetangga ku yang bekerja di kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, alamatnya ada  di Jalan Solo KM 10.

Berkas persyaratan pembuatan paspor yang aku serahkan yaitu :
-FC KTP
-FC Ijazah yang dilegalisir
-FC KK (kartu keluarga)

Sore harinya aku dikasih kartu tanda permohonan dan dikertas itu dituliskan aku harus datang pada Senin tanggal 1 Juli , untuk kepentingan
 - membayar paspsor (48 halaman) : Rp 255.000
 - foto paspor
 - wawancara.

Dikertas tanda terima permohonan juga disebutkan aku harus membawa surat rekomendasi dari kampus yang menyatakan aku seorang mahasiwa yang sedang berkepentingan membuat paspor. Aku mendapatkan surat itu dari Subbag Kemahasiswaan di Fakultas. Minta aja cap dan tanda tangan Dekan III ,dan sebelumnya kamu harus mempersiapkan surat nya dulu. Kamu bisa download atau minta ke bagian subbag.

Pada Senin tanggal 1 Juli  , aku berangkat ke Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta di Jalan Solo Km 10. Tepatnya di seberang POM bensin. Kamu bisa lewat arah kota Jogja atau lewat Ringroad.

Aku berangkat dari rumah pada pukul 7.00 pagi ,karena kantor buka pada pukul 8.00 sampai 12.00. Jika ingin urusan segera selesai dan tidak antri ,kamu bisa datang sebelum kantor dibuka supaya antri nya gak lama.

Setelah sampai dikantor aku langsung menuju ke front desk dan menunjukkan kartu tanda terima permohonan ke petugas. Lalu dia memberiku nomor antri dan aku disuruh menuju ke loket 4 (kasir).

Aku duduk manis dan menunggu nomorku dipanggil. Didepan tempat duduk ada layar besar jadi jangan takut gak kedengeran atau kelewatan. Setelah nomorku dipanggip 255.000 untuk paspor 48 lembar. Lalu dikasih kuitansi. Setelah itu petugas menyuruhku duduk dan menunggu panggilan untuk foto dan wawancara.

Tidak lama kemudian, namaku dipanggil untuk memasuki ruang foto. Di ruang foto, aku juga disidik jari. Fotonya harus terlihat telinga dan jidat. (Kelihatan jenong dan tembem deh hehe )

Nah setelah foto aku disuruh menunggu lagi untuk wawancara. Tidak lama kemudian namaku dipanggil. Untuk masuk ruang wawancara harus membawa dokumen asli seperti KK, Ijazah, KTP,Akte dan surat rekomendasi dari kampus.

Wawancara berlangsung singkat, hanya ditanya tentang tujuan ke negara mana, dalam rangka apa, kapan berangkat dan sedikit informasi tentang kebenaran identitas pribadi.

Setelah itu petugas memberiku kertas untuk pengambilan paspor. Di kertas itu aku harus mengambil pada hari Kamis 4 Juli 2013.

paspor korea
paspor

Thats All :D ternyata birokrasi tidak ribet ,lama dan berbelit-belit. Petugas juga ramah dan informatif :D

Jadi aku membutuhkan waktu dari tanggal 27 Juni hingga 4 Juli untuk pembuatan paspor 48 halaman dan biaya yang dihabiskan Rp 255.000 xD

Semoga info ini berguna bagi kawan-kawan yang akan membuat paspor khususnya yang ada di kota Yogyakarta, gak susah dan simple kok ..



4 comments:

  1. selamet yaaa wkwkw cusss korea deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin semoga bisa jd berangkat beneran say :)

      Delete
  2. dsana dari jam berapa ?kelar jam berapa sist ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari jam 8 pagi sampai jam 11 sis,, kalo bisa datangnya pagi jam 7 karena antri nya bejubeel..

      Delete

Feel Free to comment... Sertakan Identitas kamu yah ^.^