Saturday 22 June 2013

Pentingnya Memahami Perspektif Global bagi Mahasiswa Sosiologi


Perspektif Global Sebagai Wawasan Untuk Merefleksikan Eksistensi Indonesia
dalam Kancah Internasional

Setelah mempelajari matakuliah perspektif global selama satu semester, saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam menambah wawasan saya sebagai mahasiswa untuk turut memberikan sumbangsih terhadap proses globalisasi dan modernisasi sebagai agent of change. Selain itu globalisasi yang menggempur bangsa Indonesia melalui teknologi informasi yang mampu merubah skala perspektif masyarakat menjadi lebih pragmatis , akan dapat dikritisi dan dimanfaatkan tepat guna apabila mampu menguasai wawasan global dan informasi terkait perubahan yang diakibatkan perkembangan teknologi yang dinamis.
Sebagai mahasiswa pendidikan sosiologi dan agent of change, memahami perspektif global sangatlah penting untuk mengikuti perkembangan dunia masa kini yang mutakhir dengan berbagai inovasi teknologi , perubahan budaya trend masa kini, serta berbagai kemaslahatan dunia yang disorot dan berkaitan dengan peran Indonesia dalam kerjasama antar negara. Perspektif global yang dianalisis dalam kajian ilmu sosiologi tidak hanya mencakup bidang sosial saja melainkan bidang keilmuan yang lain seperti Ilmu Pengetahuan Alam terkait dengan energi dan pemanfaatnnya, Teknologi Informasi (TI) , serta berbagai fenomena global yang berpengaruh terhadap stabilitas dan kondisi terkini masyarakat global.
Terkait dengan judul artikel yaitu Perspektif Global Sebagai Wawasan Untuk Merefleksikan Eksistensi Indonesia dalam Kancah Internasional, saya melihat bahwa sebagai mahasiswa sosiologi ,menganalisa eksistensi Indonesia dalam kacamata global akan sangat menarik. Ketika peran bangsa Indonesia mampu diperhitungkan dalam skala Internasional ,maka secara tidak langsung Indonesia adalah sebuah masyarakat global yang mampu ikut serta dalam perkembangan dunia yang lebih baik dan sejahtera. Indonesia sebagai negara berkembang mulai belajar dari negara maju dan mengubah pandangan yang konvensional menjadi global. Masyarakat Indonesia sedikit demi sedikit mulai memahami bahwa membangun Indonesia dan mengembangkan potensi Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat adalah sebuah prestasi. Prestasi anak bangsa yang telah mengangkat nama baik Indonesia di kancah dunia adalah sebuah kebanggaan dan harus diapresiasi. Ketika seluruh anak bangsa mempunyai keinginan untuk selalu berprestasi, maka Indonesia akan menjadi negara maju dan dapat bersaing diseluruh aspek dalam skala global.
Prestasi anak bangsa tentunya diperoleh melalui pendidikan yang tinggi. Sehingga untuk menjadi negara maju, maka generasi penerus bangsa harus mendapatkan pendidikan setinggi mungkin. Pendidikan yang memiliki kualitas bagus dan merata diseluruh pelosok negeri. Selain itu diperlukan adanya kultur tentang adanya kebutuhan akan berprestasi bagi seluruh masyarakat pada umumnya dan khususnya kepada mahasiswa sebagai agent of change. Dengan paradigma akan kebutuhan berprestasi maka setiap individu akan mempunyai kualitas diri yang baik dan dapat diandalkan sebagai generasi penerus bangsa yang mampu meningkatkan pembangunan bangsanya baik dalam skala nasional maupun internasional.
Bila dikaitkan lebih dekat dengan bidang studi sosiologi, maka pengertian Sosiologi oleh Horton dan Hunt didefinisikan sebagai studi ilmiah tentang kehidupan sosial umat manusia, harus mengembangkan kemampuan perspektif global dalam menyimak masalah-masaiah global yang mengancam kehidupan umat manusia, yang selanjutnya mengembangkan metode-metode operasional alternatif pemecahan masalah-masaiah tadi. Tuntutan itu, atau lebih mulia lagi panggilan tersebut, merupakan peluang bagi bidang ilmu sosial yang disebut sosiologi untuk meningkatkan nilai tambah pengabdiannya. Hal tersebut merupakan harapan yang tidak hampa untuk direalisasikan. Maka dari itu diperlukan sosiolog yang mampu menjawab panggilan tersebut, tentunya dengan penguasaan perspektif global dan berwawasan luas.
Perspektif global sebagai wawasan untuk merefleksikan eksistensi Indonesia dalam kancah Internasional adalah sebuah tolok ukur bagi bangsa Indonesia dalam kaitannya dengan peningkatan taraf kehidupan sosial. Kualitas hidup masyarakat yang lebih modern dapat ditandai dengan revolusi paradigma yang visioner dan mempunyai sion yang tinggi untuk berubah ke arah yang lebih baik. Apabila kita mau belajar dari negara-negara maju tentang cara berpikir masyarakatnya dan etos kerjanya, maka masalah-masaiah sosial di Indonesia akan dapat diminimalisir karena kesadaran masyarakat yang baik akan nilai-nilai semangat kehidupan yang menjadi standar perspektif suatu pembangunan bangsa.
Bagi masyarakat Indonesia pemahaman akan perspektif global dewasa ini belum secara menyeluruh dapat diterima dan dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Keterbatasan akses pendidikan dan informasi yang sulit dijangkau di pelosok daerah yang masih terpencil,terisolir dan terbelakang merupakan ketimpangan sosial yang hingga saat ini belum bisa teratasi. Disisi lain pada daerah kota besar dan kawasan urban di Indonesia , banyak masyarakat yang sudah mau menerima nilai-nilai universalisme dan wawasan perspektif global akibat adanya pluralisme dan multikulturalisme. Hal ini berbeda dengan masyarakat di negara-negara maju dimana masyarakatnya cenderung homogen dan seluruh wilayah sudah maju dan tidak 3T (terpencil,terisolir,terbelakang). Jika bangsa Indonesia menginginkan seluruh masyarakatnya mampu merefleksikan eksistensi Indonesia di kancah Internasional maka merupakan tugas pemerintah untuk mengentaskan dan memberdayakan masyarakat di daerah 3T tersebut supaya Indonesia tidak tertinggal oleh bangsa lain dan mampu berkontribusi dan merefleksikan diri sebagai bangsa yang mampu diperhitungkan dalam skala kepentingan Internasional.
Secara faktual, eksistensi bangsa Indonesia dalam kancah Internasional semakin dapat diperhitungkan dengan adanya berbagai konferensi Internasional, seminar Internasional dan pertukaran pelajar yang membawa nama baik Indonesia. Selain itu penyanyi dan aktor Indonesia juga telah mampu berprestasi hingga skala Internasional. Sebut saja Anggun C Sasmi, Agnes Monica, Soimah, Iko Uwais dan masih banyak lagi. Prestasi anak bangsa yang demikian tersebut merupakan hasil kerja keras dan karena mereka mempunyai perspektif global dimana kebutuhan untuk berprestasi dan berfikir visioner merupakan dasar dari apa yang telah mereka dapatkan sebagai sebuah kebanggaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Itulah mengapa para 'tokoh' tersebut mampu meraih suatu pencapaian yang membuat diri mereka menjadi lebih dikenal dan berpengaruh oleh masyarakat. Hal tersebut mengindikasikan bahwa jika masyarakat Indonesia mempunyai keinginan untuk menjadi masyarakat yang berparadigma maju maka diperlukan pemahaman mengenai perspektif global sehingga wawasan menjadi lebih terbuka, open minded dan mempunyai sikap selalu berpikir positif terhadap dinamika perubahan sosial global.
Globalisasi dalam perspektif global sering diartikan sebagai perkembangan era sebagai jaman modern. Globalisasi memiliki makna yang sangat luas. Globalisasi dapat mencakup segala aspek, mulai dari politik, hubungan internasional, ekonomi, perdagangan, hingga bisa mencakup hubungan politik internasional, perdagangan, ekonomi, komunikasi, sampai badan intelijen. Dewasa ini, eksistensi globalisasi memberikan pengaruh begitu besar terhadap dunia internasional. Melalui perkembangan teknologi komunikasi elektronik, menjadikan dunia dapat dijangkau dari jarak yang jauh dalam waktu yang singkat. Yang pada akhirnya memberikan efek yang mempengaruhi politik, ekonomi, dan organisasi sosial.
Globalisasi dalam perspektif global membuat seluruh masyarakat dunia khusunya Indonesia tidak hanya menjadi pendengar, namun juga memberikan kontribusi berupa pendapat dan opini yang disebarkan melalui situs jejaring sosial terkenal, seperti facebook, twitter, multiply, kaskus, dan masih banyak lagi. Segala kemudahan dalam berkomunikasi ditawarkan oleh globalisasi. Dengan adanya kemudahan komunikasi tersebut maka masyakarakat Indonesia mampu mengikuti perkembangan global dan mengkritisi setiap fenomena dari sudut benua lain sehingga wawasan global menjadi terbuka dan pengetahuan dapat diterima dengan efektif dan menarik.
Dengan adanya globalisasii dengan perspektif global, maka semua yang terjadi di belahan dunia lain dapat kita ketahui dengan baik. Dengan bantuan media seperti VOA (Voice Of America) Indonesia, misalnya, mempermudah semua berita-berita yang terjadi di wilayah Amerika diketahui oleh masyarakat yang ada di negara Indonesia. VOA didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita yang tepat, jujur dan bisa diandalkan. Bukan hanya kemampuan VOA dalam era globalisasi, situs Google pun menjadi salah satu sarana yang patut diperhitungkan. Google memudahkan seluruh masyarakat untuk mengakses informasi, pengetahuan, dan bahkan bisnis dengan hanya sekali klik. Internet memberikan kemudahan dan keuntungan yang besar bagi penikmat berita baik nasional maupun internasional.
Dengan adanya koneksi internet yang dapat diakses dari berbagai penjuru dunia, menunjukkan bahwa pengaruh dari globalisasi sangatlah besar terhadap kemajuan komunikasi yang kemudian sangat berpengaruh terhadap hubungan antar bangsa. Pemerintah Indonesia yang mempunyai hubungan kerjasama dengan negara-negara lain dapat diketahui dan direfleksikan ketika mampu menguasai teknologi informasi dan perspektif global. Globasasi secara tidak langsung menyebabkan hilangnya sekat-sekat negara yang pada akhirnya memudahkan untuk saling berinteraksi satu sama lain. Kemudahan berinteraksi itu kemudian pada akhirnya melahirkan isu global. Adanya isu global yang ditandai dengan meningkatnya hubungan saling ketergantungan antar negara. Hal itu karena adanya kesadaran bahwa kegagalan dalam mengatasi isu global tersebut dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat internasional secara keseluruhan. Sehingga, upaya penyelesaian masalah global dilakukan oleh seluruh negara dan menyebabkan seluruh negara berinteraksi satu sama lain. Kini di era globalisasi, dunia serasa menjadi satu. Kedaulatan memang masih ada, tapi kekuatannya sudah terpengaruh oleh arus globalisasi.
Indonesia yang dewasa ini mempunyai putra putri bangsa yang berpengaruh terhadap pembangunan eksistensi bangsa dalam kancah Internasinoal telah membuktikan bahwa perspektif global telah direalisasikan seperti dalam kerjasama bilateral, multirateral dan organisasi internasional. Akhir-akhir ini seorang Pianis Cilik Indonesia menang di 1st International Festival - Contest of Jazz Improvisation Skill di Odessa, Ukraina . Berikut ini beberapa prestasi Indonesia dalam dunia Internasional yang dapat menjadi inspirasi dan motivasi kita untuk mengikuti keberhasilan mereka terkait dengan landasan perspektif global yang menjadi acuan mereka dalam berprestasi.
  1. PT. PAL sukses membuat salah satu kapal terbaik didunia “Star 50″ berbobot 50,000 ton. Salah satu Negara yg pesan kapal ini adalah Singapura. star-50-ship.
  2. Di Singapura gamelan menjadi mata pelajaran wajib di SD pada hampir sebagian wilayahnya.
  1. Pabrik/manufaktur Mattel (boneka Barbie USA) hanya ada dua didunia yaitu di China dan di Jababeka, Cikarang.
  2. Brand Internasional yang amat prestisius,Gucci,menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.
  3. Mobil terpopuler di Uni Emirat Arab adalah Toyota Kijang Innova yg sepenuhnya diproduksi di Indonesia.
  4. Bunga nasional Korea Utara yang amat popular Kimilsungia, berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI Ir. Soekarno.
  5. Airbridge , tangga belalai menuju pintu pesawat yang menjadi trend di bandara-bandara dunia pertama kali dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.
  6. Pejuang HAM legendaris bapak pembebasan Negara Afrika Selatan Nelson Mandela,setelah berhasil menghapus Apartheid di negerinya, mengakui bahwa perjuangannya itu diinspirasikan perjuangan Syekh Yusuf dari Makassar
  7. Dalam Special Edition TIME magazine on Asian Heroes, penyanyi Iwan Fals dan Aktris Christine Hakim jadi cover Majalah Time
  8. Mobil prestisius, Mercedes Benz, menggunakan knalpot buatan Indonesia, yang pengerjaannya sepenuhnya dilakukan di Purbalingga, Jawa Tengah
  9. Presiden RI ke-3, BJ Habibie adalah pemegang 46 paten dibidang aeronautika dunia.
  10. Menara Kuala Lumpur dirancang oleh putra Indonesia, Ir.Achmad Murdijat alumni ITB.
  11. Indofood adalah produsen mie instan terbesar di dunia.
  12. Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan diberbagai etalase dimall-mall kelas atas di 32 negara diseluruh penjuru dunia & dipakai Paris Hilton,Zara Phillips,Emma Thomson,& Audrey Tatou.
  13. David Foster mengaku,lagu ciptaanya ‘To Love You More’ yg dibawakan Celine Dion terinspirasi dari musik Keroncong Indonesia.
Selain itu kejuaraan bangsa Indonesia dalam kompetensi Internasional antara lain (tahun 2010) :
  1. Indonesia Juara AFF Futsal Championship 2010
  2. Indonesia Juara Umum Karate Indonesia Terbuka di Bali
  3. Tiga Anak Indonesia juara Kompetisi Seniman Internasional 2010
  4. Indonesia Juara 2 Festival Kebudayaan Kota Frankfurt 2010
  5. Indonesia berhasil menjuarai turnamen dalam rangkaian The All Star Team Milan Junior Camp.
  6. Indonesia Juara Umum 17th International Conference of Young Scientists (ICYS) 2010
  7. Indonesia Juara Olimpiade Bahasa Jerman
  8. Anak Indonesia Juara Olimpiade Fisika
  9. Anak SMP Juara Olimpiade Matematika Tingkat Dunia
  10. Tim Indonesia Juara di Olimpiade Robot Dunia
Dan masih banyak lagi prestasi Indonesia dalam segala bidang di kancah Internasional yang mungkin tidak terpublikasi. Dengan ini marilah mahasiswa sosiologi , kita bersama-sama menjadi mahasiswa yang berprestasi dan berwawasan perspektif global untuk menunjukkan prestasi kita sehingga dikenal dunia.
Referensi :
http://unikcopas.blogspot.com/2013/06/10-prestasi-indonesia-di-dunia.html

No comments:

Post a Comment

Feel Free to comment... Sertakan Identitas kamu yah ^.^